Menikmati Bulan Purnama di Malam Tahun Baru

Bulan Purnama (Dokpri)

Malam tahun baru tak selamanya harus dirayakan di luar rumah, luar kota, atau bahkan luar negeri. Merayakan tahun baru juga bisa dinikmati di halaman rumah tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Kebetulan malam tahun baru kali ini bertepatan dengan bulan purnama sehingga pemandangan malam semakin tampak sempurna di tengah desingan kembang api yang terlontar di malam hari.

Dengan bermodal kamera Nikon Coolpix P-900 saya mencoba untuk menangkap wajah bulan yang konon penuh jerawat. Kamera ini cukup unik karena bukan berasal dari keluarga DSLR atau Mirrorless, namun memiliki kemampuan setara, bahkan lensanya mampu memperbesar gambar hingga 83 kali lipat!! Dalam iklannya tampak permukaan bulan dapat difoto dengan jelas menggunakan kamera ini.

Jerawat di Permukaan Bulan (Dokpri)

Saya penasaran untuk membuktikan kalimat dalam iklan tersebut. Awalnya memang sulit memegang kamera dengan tenang karena semakin tinggi perbesaran semakin kuat getaran tangan terasa. Oleh karena itu kamera saya sandarkan di dinding pagar untuk mengurangi getaran tangan. Hasilnya lumayan bagus, permukaan bulan yang penuh jerawat benar-benar tertangkap kamera!

Pancaran Sinar Kembang Api (Dokpri)

Namun sayangnya kamera ini sulit menangkap obyek bergerak seperti sinar kembang api yang terlontar dari petasan. Fokusnya tidak jelas dan gambarnya cenderung kabur. Namun demikian secara umum tidak terlalu mengecewakan terutama bagi tukang foto amatir seperti saya ini. Paling tidak malam tahun baru ini ada kenangan yang tersimpan dalam kartu memori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *